PACUL BERDARAH - KUMPULAN PUISI SERBABENDA - Penerbit SituSeni

Rabu, 01 Mei 2024

PACUL BERDARAH - KUMPULAN PUISI SERBABENDA

 


Pacul Berdarah

Kumpulan Puisi Serbabenda

 

Penulis              : Wina Armada Sukardi

Tata Letak Isi     : D. Ahmad Fauji

Ilustrator           : Munadi

Desain Kafer      : Amran Halim

Foto Kafer         : Dok MNC

 

Cetakan I          : Mei 2024

ISBN                : ….

 

Penerbit

 

CV SituSeni

Jl Peta, Gg. Sukamulya Dalam II No 23.

RT 06 RW 09, Kel. Sukaasih

Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung

situseni.net@gmail.com

situseni.my.id


Karya puisi serbabenda yang dirangkum dalam buku “Pacul Berdarah” ini, semuanya merupakan karya yang saya buat sepanjang tahun 2023.

Fokus pada sudut pandang dan bidang tertentu, membuat perhatian dan konsentrasi kita terhadap angle yang kita pilih dapat lebih fokus pula, dan lebih inspiratif. Dengan begitu dapat menjadi lebih produktif pula.

Tiap benda punya makna, kesan, dan sejarah yang berlainan untuk masing-masing orang. Atau sebaliknya, tidak mempunyai arti apa-apa bagi orang lainnya. Dengan kata lain, interaksi orang dengan benda memiliki intensitas dan perbedaan kejiwaan yang berlain-lainan. Bendanya dapat apa saja. Di tempat yang sama. Waktunya sama pula. Meski begitu dapat memberikan efek yang berbeda-beda dari atau bagi tiap orang.

Itu belum termasuk menempatkan benda dalam konteks makna dan waktu. Sering kali benda membawa asosiasi ke mana-mana. Misal kalau orang lihat peti mati, kemungkinan dapat muncul pelbagai persepsi dan kesan bagi masing-masing yang melihatnya. Misal lainnya, kalau melihat kain kafan, tiap orang punya persepsi dan perspetif yang berbeda-beda pula. Di situ menarik dan tertantangnya menulis puisi yang seluruh objeknya benda. Ada muncul begitu banyak kemungkinan dari sebuah benda yang sama.


Comments


EmoticonEmoticon