MU - Penerbit SituSeni

Minggu, 02 Juni 2024

MU

RP.80

MU

Antologi Puisi Relegi
Ace Sumanta

Editor
D. Ahmad Fauji

Desin Kaver
Amran Halim

Tata Letak Isi
SituSeniArt

 

Cetakan Pertama
Juli 2024

ISBN


Penerbit
SituSeni
Jl. Peta, Kp. Sukamulya Dalam II No. 23
RT 06 RW 09, Kel. Sukaasih
Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung
situseni.net@gmail.com
situseni.my.id



Pengantar Penulis

Buku kumpulan puisi karya Raden Ace Sumanta merupakan apresiasi dan eksistensi kepenulisan dengan pendekatan religius. Penulis tidak menyebut kumpulan puisi sufistik atau bernilai tasauf.

Jauh dari nilai - nilai itu semua. Nilai kosmologi adalah proses kehidupan. Nilai kosmologi filosofis menggambarkan kehidupan begitu kompleks dan tak seragam. Penulis hanya senang dan terbiasa merenungkan segala kejadian dengan keadaan "Tuhan Yang Maha Makrifat".

Pernah penulis menulis dan menerbitkan Kumpulan Puisi berjudul "MU" tahun 1987. Namun, habis baik sebagai souvernir maupun ada yang mengganti biaya cetak sehingga copy dan dokumenya pun ikut tidak ada. Itu ladang renungan mendalam ketika masa - masa muda. Atas dasar itu sangat merindukan Tuhan dalam kehidupan Penulis, maka penulis mengumpulkan tulisan yang tema dan isinya tidak jauh berbeda.

Tentu masalah tipologi kepenulisan berbeda. Pengalaman perjalanan spiritual tentu kini lebih mendalam dan banyak dipengaruhi oleh kehidupan dan karya penulis lainnya dengan membaca. Pengaruh kepenilisan orang lain sangat berbeda dari pengertian teori dan praktik. Kejadian tertentu, misalnya, mungkin bisa sama. Hal itu wajar -wajar saja yang jelas bukan menjiplak ataupun menyadur.

Semuanya tergantung dari sudut pandang tertentu dan mengapresiasi karya.

Kumpulan puisi ini hendaknya memperkaya khasanah sastra Indonesia dan pustaka utama di rumah anda.

Kami sangat menghargai dengan perbedaan pandangan dan daya kritis dalam membedah makna yang berbeda. 

Semoga bermanfaat dan salam literasi.

Rd. Ace Sumanta


Comments


EmoticonEmoticon